Langsung ke konten utama

Leadership Practice GenBI NTB 2023

Pada tanggal 9 hingga 10 Desember lalu, Bank Indonesia KPW Provinsi NTB menyelenggarakan Leadership Practice untuk para  Generasi Baru Indonesia Provinsi NTB Tahun 2023. Acara dua hari ini bertujuan untuk menyoroti pentingnya kepemimpinan yang efektif untuk bertahan dalam kehidupan dan menghadapi tantangan masa depan.

Dalam upaya memberikan pengetahuan dan keterampilan kepemimpinan kepada generasi muda Indonesia, Bank Indonesia memberikan empat sesi materi yang diberikan oleh para pemateri dari berbagai bidang. Para pemateri ini tidak hanya memiliki pengalaman luas tetapi juga reputasi yang menginspirasi.


Pada hari pertama, materi yang diberikan adalah tentang Kebanksentralan yang disampaikan oleh Bapak Berry A. Harahap (Kepala Perwakilan) selanjutnya diisi oleh Ibu Indah Purwanti (Founder Lombok Woman Entrepreneur Club) tentang Sharing Session seputar Entrepreneur. 


 


Para GenBIers selain menerima materi, juga mengikuti dan berpartisipasi dalam kegiatan Fun Games dnegan berbagai permainan untuk melatih kekompakkan, ketangkasan, dan kerja sama tim.  




Sebagai penutup hari pertama, para GenBIers yang sudah dibagikan dalam kelompok, mempersembahkan sebuah penampilan kepada para pegawai Bank Indonesia seperti menyanyi, menari, membaca puisi, drama dan sebagainya. Kegiatan ini diakhiri dengan pembagian hadiah kepada kelompok yang juara




Kemudian di hari kedua, dimulai dengan olahraga dan senam bersama yang selanjutnya diisi dengan materi tentang Sharing Session seputar Entrepreneur II oleh Bapak Rizal (Founder Eptilu), seorang tokoh muda yang dikenal karena bisnisnya dalam bidang pertanian. Dengan semangat yang menginspirasi, beliau berbagi kisah suksesnya dan memberikan wawasan tentang pentingnya membangun bisnis dan menabung sejak dini. 




Kemudian di siang hingga sore hari diisi oleh Bapak Difi A. Johansyah (pencetus GenBI) yang membahas tentang Financial Planning dan Problem Solving. Dengan pengalaman mendalam dalam mengelola perubahan, beliau memberikan wawasan berharga tentang bagaimana memimpin dan dipimpin dalam kehidupan yang terus berubah.



Selama dua hari penuh, 150 peserta yang terdiri dari penerima beasiswa Bank Indonesia dari 7 universitas terbaik di NTB diperkenalkan dengan berbagai perspektif tentang kepemimpinan dari keempat pemateri tersebut. Mereka tidak hanya mendapat pengetahuan baru tetapi juga terinspirasi untuk menjadi pemimpin yang mampu membawa perubahan positif bagi masyarakat dan lingkungannya.



Acara Leadership Practice yang diadakan oleh Bank Indonesia bukan hanya wadah untuk pertukaran gagasan tetapi juga menjadi tonggak penting dalam mempersiapkan generasi baru Indonesia untuk menghadapi tantangan di masa depan. Dengan bekal yang diperoleh dari kegiatan ini, mulai dari relasi, kekeluargaan, dan pertukaran wawasan hebat dari setiap individu, diharapkan para GenBi dapat menjadi pemimpin yang visioner, tangguh, dan peduli terhadap kemajuan bangsa dan negara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Divisi Kewirausahaan GenBI NTB

GENBI KEWIRAUSAHAAN          Devisi kewirausahaan merupakan bagian dari slah satu devisi di GenBI yang beranggotaan 24 orang mahasiswa penerima beasiswa yang terbagi menjadi 12 orang dari komisariat UIN MA dan 12 orang dari komisariat UNRAM.           Di devisi kewirausahaan ini atau yang biasa di sebut team penjualan dari GenBI . Ada beberapa produk unggulan dalam penjualan dari devisi kewirausahaan diantaranya: es genbira, Sate jamur,   Bananagih,   Donat.           Selain itu bukan hanya sekedar melakukan kegiatan berwirausaha tetapi ada tujuan atau pencapaian yang dilakukanoleh devisi kewirausahaan di antaranya Yang dilakukan adalah untuk membuat devisi ini maju yang itu membuat kelompok" yang akan bertugas untuk melakukan penjualan sesuai dgn jadwal yg telah di tetapkan dan di masing" kelompok dibagi juga ada yng bertugas sebagai team produksi dan juga team penjualan. Sehingga tercipta peran aktif dari semua anggota devisi ini. Dan strategi pemasaran

GEMAR (GenBI Mengajar) dan GEMA (Gerakan Peduli Minat Baca) GenBI NTB Komisariat UIN Mataram

Generasi penerus bangsa merupakan Agent Of Change, Social Of Control dan Feature Leader. Di mana tiga komponen ini menjadi satu kesatuan yang harus ada dalam setiap generasi penerus bangsa. Tentunya di lain sisi mereka perlu ada yang mengayomi. GenBI NTB Komisariat UIN Mataram Divisi pendidikan mengambil andil untuk ikut berpartisipasi mencerdaskan anak bangsa dengan cara melakukan kegiatan GenBI Mengajar (GEMAR) dan Gerakan Peduli Minat Baca (GEMA). Kegiatan tersebut diadakan di Yayasan Nurul Iman Foundation, yang berlokasi di kawasan Terong Tawah Labuapi setiap hari Jum’at dan Sabtu pukul 16.00 wita hingga selesai. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian GenBI NTB terhadap pendidikan di Indonesia. GenBI NTB khususnya GenBI komisariat UIN Mataram ingin ikut andil memajukan pendidikan sebagai wadah untuk mencerdaskan anak bangsa. Menurut Devi salah satu anggota GenBI NTB Komisariat UIN Mataram menjelaskan bahwa kegiatan GenBI mengajar di bagi menjadi dua kelas, yakni k

Apa Itu GENBI ?

Dalam sejarah bermula dari obrolan santai saat berbuka puasa bersama , usai acara penandatanganan perjanjian kerjasama pemberian Beasiswa antara Bank Indonesia dengan Universitas Indonesia, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Institut Pertanian Bogor dan Universitas Negeri Jakarta pada 3 Agustus 2011, muncul wacana untuk membentuk wadah berhimpun (komunitas) untuk menjalin komunikasi dan interaksi, saling menginspirasi, memotivasi serta menjalin sinergi antar sesama mahasiswa penerima Beasiswa Bank Indonesia.  Pada saat itu muncullah  beberapa kesepakatan, diantaranya adalah; nama dan lambang untuk Komunitas Penerima Beasiswa Bank Indonesia adalah Generasi Baru Indonesia (GenBI) , membentuk tim perumus dan kelompok kerja yang bertugas untuk merencanakan pertemuan umum dan deklarasi yang akan dilaksanakan pada 11 November 2011 (11-11-11) serta menyusun rancangan Konstitusi Organisasi (Statuta, AD dan ART). Berbagai cara dilakukan oleh kelompok kerja untuk menjal