Langsung ke konten utama

PEDULI EKOWISATA, MENGGALI POTENSI DESA



Sumbawa Besar, GenBI NTB Komisariat UNSA Devisi Sosling (sosial lingkungan) menggelar kegiatan peduli ekowisata melalui pengembangan dan pemanfaatan potensi-potensi Desa yang ada di Kabupaten Sumbawa. Salah satunya ialah Dusun Prajak yang terletak di Kecamatan Moyo Hilir. Bertempat di desa Batu Bangka, lokasi ini menjadi target Generasi Baru Indonesia (GenBI) NTB dalam menjalankan salah satu program kerjanya . 

Komisariat UNSA dalam melaksanakan sebuah program yaitu “GEBRAK BANGSA” (GenBI Bergerak Bangun Ekowisata) divisi sosial lingkungan dalam upaya menjadi energi untuk negeri, Membangun masyarakat yang sadar wisata, dan membantu masyarakat setempat dalam memanfaatkan dan mengembangkan segala potensi-potensi yang ada sehingga desa tersebut menjadi lebih maju terutama dari segi ekowisata yang menjadi salah satu sumber terbesar dalam meningkatkan pendapatan suatu wilayah. 

Sadar wisata merupakan sebuah kondisi yang menggambarkan partisipasi dan dukungan segenap komponen masyarakat dalam mendorong terwujudnya iklim yang kondusif bagi tumbuh dan kembangnya kepariwisataan di suatu destinasi. Pulau Dangar menjadi salah satu destinasi dengan pesona alam memikat yang dimiliki oleh dusun Prajak. Hal ini menjadi daya tarik besar bagi GenBI Komisariat UNSA dalam menjalankan program Gebrak Bangsa. 

Dalam kegiatan ini, GenBI bekerja sama dengan kelompok sadar wisata (POKDARWIS) Dusun Prajak, kelompok masyarakat pengawas (pokmaswas), Sumbawa Grow Up dan segenap pemerintah Desa Batu Bangka. Kegiatan ini turut dihadiri oleh kepala dinas Pariwisata Kabupaten Sumbawa, Camat Moyo Hilir, Kepala Desa Batu Bangka dan segenap perwakilan kelompok organisasi masyarakat lainnya. 




Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 20 sampai 22 Juni 2020, di mulai dari pembangunan Gazebo, penanaman pohon kelapa dan pohon ketapang, transplantasi terumbu karang, bersih pantai, hingga pembangunan spot foto dan Gapura. Kegiatan ini mendapat apresiasi yang cukup luar biasa oleh masyarakat maupun pemerintah setempat. Salah satunya yang disampaikan oleh Kepala Desa Batu Bangka dalam sambutannya “sempat saya ragu dan bahkan khawatir dengan kegiatan ini, namun setelah perlahan kegiatan ini dipersiapkan dan di jalankan hingga membuat saya terkesima, lega atas kerjasama anggota GenBI dan sangat-sangat mengapresiasikan kegiatan ini. Saya merasa seperti mendapat piala penghargaan yang istimewa dan luar biasa atas terpilihnya Dusun Prajak sebagai salah satu wilayah target pelaksanaan program gebrak bangsa ini”. Ujarnya. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Divisi Kewirausahaan GenBI NTB

GENBI KEWIRAUSAHAAN          Devisi kewirausahaan merupakan bagian dari slah satu devisi di GenBI yang beranggotaan 24 orang mahasiswa penerima beasiswa yang terbagi menjadi 12 orang dari komisariat UIN MA dan 12 orang dari komisariat UNRAM.           Di devisi kewirausahaan ini atau yang biasa di sebut team penjualan dari GenBI . Ada beberapa produk unggulan dalam penjualan dari devisi kewirausahaan diantaranya: es genbira, Sate jamur,   Bananagih,   Donat.           Selain itu bukan hanya sekedar melakukan kegiatan berwirausaha tetapi ada tujuan atau pencapaian yang dilakukanoleh devisi kewirausahaan di antaranya Yang dilakukan adalah untuk membuat devisi ini maju yang itu membuat kelompok" yang akan bertugas untuk melakukan penjualan sesuai dgn jadwal yg telah di tetapkan dan di masing" kelompok dibagi juga ada yng bertugas sebagai team produksi dan juga team penjualan. Sehingga tercipta peran aktif dari semua anggota devisi ini. Dan strategi pemasaran

GEMAR (GenBI Mengajar) dan GEMA (Gerakan Peduli Minat Baca) GenBI NTB Komisariat UIN Mataram

Generasi penerus bangsa merupakan Agent Of Change, Social Of Control dan Feature Leader. Di mana tiga komponen ini menjadi satu kesatuan yang harus ada dalam setiap generasi penerus bangsa. Tentunya di lain sisi mereka perlu ada yang mengayomi. GenBI NTB Komisariat UIN Mataram Divisi pendidikan mengambil andil untuk ikut berpartisipasi mencerdaskan anak bangsa dengan cara melakukan kegiatan GenBI Mengajar (GEMAR) dan Gerakan Peduli Minat Baca (GEMA). Kegiatan tersebut diadakan di Yayasan Nurul Iman Foundation, yang berlokasi di kawasan Terong Tawah Labuapi setiap hari Jum’at dan Sabtu pukul 16.00 wita hingga selesai. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian GenBI NTB terhadap pendidikan di Indonesia. GenBI NTB khususnya GenBI komisariat UIN Mataram ingin ikut andil memajukan pendidikan sebagai wadah untuk mencerdaskan anak bangsa. Menurut Devi salah satu anggota GenBI NTB Komisariat UIN Mataram menjelaskan bahwa kegiatan GenBI mengajar di bagi menjadi dua kelas, yakni k

Apa Itu GENBI ?

Dalam sejarah bermula dari obrolan santai saat berbuka puasa bersama , usai acara penandatanganan perjanjian kerjasama pemberian Beasiswa antara Bank Indonesia dengan Universitas Indonesia, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Institut Pertanian Bogor dan Universitas Negeri Jakarta pada 3 Agustus 2011, muncul wacana untuk membentuk wadah berhimpun (komunitas) untuk menjalin komunikasi dan interaksi, saling menginspirasi, memotivasi serta menjalin sinergi antar sesama mahasiswa penerima Beasiswa Bank Indonesia.  Pada saat itu muncullah  beberapa kesepakatan, diantaranya adalah; nama dan lambang untuk Komunitas Penerima Beasiswa Bank Indonesia adalah Generasi Baru Indonesia (GenBI) , membentuk tim perumus dan kelompok kerja yang bertugas untuk merencanakan pertemuan umum dan deklarasi yang akan dilaksanakan pada 11 November 2011 (11-11-11) serta menyusun rancangan Konstitusi Organisasi (Statuta, AD dan ART). Berbagai cara dilakukan oleh kelompok kerja untuk menjal