Langsung ke konten utama

Aksi Peduli Generasi Baru Indonesia untuk Korban Gempa Bumi Lombok


Aksi Peduli GenBI NTB bersama GenBI Lhokseumawe, GenBI Aceh dan GenBI Riau Untuk Korban Bencana Gempa Bumi di Lombok.

Gempa yang mengguncang bumi Lombok telah meninggalkan luka mendalam di hati setiap warga lombok, kehilangan tempat tinggal, tak ada barang berharga yang sempat diselamatkan, bahkan kehilangan keluarga yang beriringan dengan tangis duka para warga. 

Namun Lombok tak sendiri menghadapi duka, kepedulian dan uluran tangan dari berbagai pihak terus mengalir untuk membantu meringankan beban para korban. 

Generasi Baru Indonesia (GenBI) adalah salah satu komunitas penerima beasiswa dari Bank Indonesia yang di tuntut untuk selalu peka dan peduli terhadap lingkungan. Namun tentunya GenBI NTB yang dimana mayoritas anggotanya pun juga adalah warga Lombok sama seperti warga lainnya tak luput dari duka atas bencana ini namun patut di sykuri tidak ada korban jiwa dari anggota GenBI sendiri. 

GenBI dari berbagai daerah lainnya diluar NTB berdatangan ke Lombok setaleh mendengar berita duka ini.  Dengan mengambil tema “Solidaritas Sosial Berbagi Peduli dari GenBI Lhoksumawe dan GenBI Aceh untuk Lombok” maka pada tanggal 1 Agustus GenBI NTB bersama GenBI Lhoksumawe dan GenBI Aceh menyaluran bantuan berupa bantuan logistik yang diberikan oleh GenBI Lhoksumawe dan GenBI Aceh kepada masyarakat Kabupaten Lombok Utara (KLU), mengingat KLU adalah daerah yang paling parah terdampak Gempa.








Solidaritas Sosial Berbagi Peduli dari GenBI Lhokseumawe dan GenBI Aceh Untuk Lombok”
Sumber Foto: GenBI NTB 

Tak berhenti disitu, GenBI Riau tiba di Lombok pada tanggal 6 september dan sejak hari itu GenBI NTB dan GenBI Riau melakukan beberapa persiapan kaena keduanya telah menyetujui untuk melakukan “Kolaborasi Aksi GenBI Riau X GenBI NTB”. Aksi uluran tangan untuk korban bencana gempa Lombok ini diadakan  pada tanggal 8 september di Kabupaten Lombok Utara juga tepatnya di Desa Gelanggang. Bantuan yang diberikan berupa bantuan logistik, Alat tulis, sarung, makanan ringan, susu, mukenah, terpal, tikal, dan lainnya. 

Kolaboras Aksi GenBI Riau dan GenBI NTB
Sumber foto: GenBI NTB

Aksi Kolaborasi pertama dilakukan didaerah Penjor. Selain penyaluran bantuan dalam bentuk mateial disini juga dilakukan trauma healing kepada anak-anak dengan memberikan hiburan bermain bersama badut-badut karakter hewan lucu yang membuat anak-anak tertarik dan tertawa riang bermain bersama badut yang diperankan oleh anak-anak GenBI. Anak-anak  yang berumlah lebih dari 50 ini rupanya sangat antusias dan bergembira, mereka diajak aktif dengan bernyanyi dan melakukan berbagai permainan. Dengan adanya trauma healing ini diharapkan anak-anak tidak akan memiliki trauma yang mendalam mengingat bahkan sekolah dan rumah mereka tak bisa lagi ditempati. Acara di Penjor berakhir sekitar pukul 12 siang dan dilanjutkan dengan Shalat berjamaah.

Perjalanan kemudian dilanjutkan ke daerah Monggol. Ketika di Monggol pun dilakukan hal yang sama dengan membagikan bantuan seperti yang dibagian di Penjor, meski tidak dengan mengadakan trauma healing yang intensif seperti sebelumnya namun anak-anak tetap antusias ketika diajak bermain bersama para anggota GenBI.

“Kegiatan ini sangat berkesan bagi kami. Kami dapat merasakan langsung apa yang warga rasakan. Melihat juga anak-anak kondisinya sangat memprihatinkan Sekolah mereka hancur, dan sangat sulit untuk mereka mendapatkan baju baru, fasilitas sekolah merekapun banyak yang rusak sehingga dari GenBI Riaupun telah memberikan bantuan berupa alat tulis” ungkap Muhammad Fathi selaku Ketua GenBI NTB.

Warga amat bersyukur dengan segala bantuan yang diberikan, antusiasme anak-anak dan tawa riang mereka menjadi kebahagiaan tersendiri agi para anggota GenBI. Besar harapan dari GenBI agar Lombok segera bangkit dan tidak berlarut-larut dalam duka. Karena bencana adalah kehendak Ilahi dan manusia hanya bisa menerima serta terus bertahan apapun kondisinya tanpa menyerah. Lombok Bangkit!

Oleh: Sirrika Hamidatul Karimah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Divisi Kewirausahaan GenBI NTB

GENBI KEWIRAUSAHAAN          Devisi kewirausahaan merupakan bagian dari slah satu devisi di GenBI yang beranggotaan 24 orang mahasiswa penerima beasiswa yang terbagi menjadi 12 orang dari komisariat UIN MA dan 12 orang dari komisariat UNRAM.           Di devisi kewirausahaan ini atau yang biasa di sebut team penjualan dari GenBI . Ada beberapa produk unggulan dalam penjualan dari devisi kewirausahaan diantaranya: es genbira, Sate jamur,   Bananagih,   Donat.           Selain itu bukan hanya sekedar melakukan kegiatan berwirausaha tetapi ada tujuan atau pencapaian yang dilakukanoleh devisi kewirausahaan di antaranya Yang dilakukan adalah untuk membuat devisi ini maju yang itu membuat kelompok" yang akan bertugas untuk melakukan penjualan sesuai dgn jadwal yg telah di tetapkan dan di masing" kelompok dibagi juga ada yng bertugas sebagai team produksi dan juga team penjualan. Sehingga tercipta peran aktif dari semua anggota devisi ini. Dan strategi pemasaran

GEMAR (GenBI Mengajar) dan GEMA (Gerakan Peduli Minat Baca) GenBI NTB Komisariat UIN Mataram

Generasi penerus bangsa merupakan Agent Of Change, Social Of Control dan Feature Leader. Di mana tiga komponen ini menjadi satu kesatuan yang harus ada dalam setiap generasi penerus bangsa. Tentunya di lain sisi mereka perlu ada yang mengayomi. GenBI NTB Komisariat UIN Mataram Divisi pendidikan mengambil andil untuk ikut berpartisipasi mencerdaskan anak bangsa dengan cara melakukan kegiatan GenBI Mengajar (GEMAR) dan Gerakan Peduli Minat Baca (GEMA). Kegiatan tersebut diadakan di Yayasan Nurul Iman Foundation, yang berlokasi di kawasan Terong Tawah Labuapi setiap hari Jum’at dan Sabtu pukul 16.00 wita hingga selesai. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian GenBI NTB terhadap pendidikan di Indonesia. GenBI NTB khususnya GenBI komisariat UIN Mataram ingin ikut andil memajukan pendidikan sebagai wadah untuk mencerdaskan anak bangsa. Menurut Devi salah satu anggota GenBI NTB Komisariat UIN Mataram menjelaskan bahwa kegiatan GenBI mengajar di bagi menjadi dua kelas, yakni k

Apa Itu GENBI ?

Dalam sejarah bermula dari obrolan santai saat berbuka puasa bersama , usai acara penandatanganan perjanjian kerjasama pemberian Beasiswa antara Bank Indonesia dengan Universitas Indonesia, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Institut Pertanian Bogor dan Universitas Negeri Jakarta pada 3 Agustus 2011, muncul wacana untuk membentuk wadah berhimpun (komunitas) untuk menjalin komunikasi dan interaksi, saling menginspirasi, memotivasi serta menjalin sinergi antar sesama mahasiswa penerima Beasiswa Bank Indonesia.  Pada saat itu muncullah  beberapa kesepakatan, diantaranya adalah; nama dan lambang untuk Komunitas Penerima Beasiswa Bank Indonesia adalah Generasi Baru Indonesia (GenBI) , membentuk tim perumus dan kelompok kerja yang bertugas untuk merencanakan pertemuan umum dan deklarasi yang akan dilaksanakan pada 11 November 2011 (11-11-11) serta menyusun rancangan Konstitusi Organisasi (Statuta, AD dan ART). Berbagai cara dilakukan oleh kelompok kerja untuk menjal