Langsung ke konten utama

Bootcamp Genbi 2017 : Unit In Diversity

Oleh : Nur Lailatul Qadariah
“Alhamdulillah, resmi menjadi Genbi NTB 2017…”
Sejumlah mahasiswa terpilih Universitas Mataram dan Universitas Islam Negeri Mataram penerima beasiswa Bank Indonesia mengikuti Bootcamp yang diselenggarakan langsung oleh Bank Indonesia Provinsi NTB. Bootcamp yang berlangsung selama dua hari ini, yaitu 20-21 Mei 2017, bertempat di Pantai Sire, Kabupaten Lombok Utara. Sejumlah pejabat dari Bank Indonesia beserta keluarga juga turut serta meramaikan acara tersebut.
 Dengan tema ‘Kedisiplinan’, para Genbi NTB 2017 tidak hanya dilatih untuk melakukan segala sesuatu dengan disiplin, namun juga bagaimana menjadi pemimpin yang tegas dan jujur. Lebih daripada itu, melalui kegiatan ini Genbi NTB diharapkan lebih mampu bekerjasama dan tolong menolong satu sama lain, serta kegiatan Bootcamp menjadi ajang untuk mempererat silaturrahmi antar Universitas. Kesemuanya dibimbing langsung oleh Brimob melalui serangkaian kegiatan yang dikemas dengan seru dan menyenangkan.
Perjalanan ke tempat berlangsungnya Bootcamp dimulai sekitar pukul 07.00 WITA. Sejumlah kendaraan yang disiapkan oleh Brimob membawa rombongan Genbi ke lokasi kegiatan. Sebelum benar-benar tiba di Pantai Sire, para Genbi diarahkan untuk memulai rangkaian kegiatan yang pertama yaitu pencarian sejumlah tanda penunjuk arah menuju lokasi. Dengan berjalan kaki, para Genbi yang telah dibagi menjadi sepuluh tim mulai beraksi dengan mencari tanda-tanda tersebut. Melalui rangkaian kegiatan yang pertama ini, kekompakan dan kerjasama tim adalah yang paling diharapkan.

Tidak butuh waktu lama, seluruh tim sudah berkumpul di arena Bootcamp. Setelah beristirahat sejenak, berbagai rangkaian kegiatan yang berbentuk game pun dimulai. Sejumlah game itu ditujukan untuk melatih kekompakan, kejujuran, serta untuk melatih kepemimpinan. Hingga waktu menjelang siang, para Genbi dipersilahkan untuk istirahat, sholat, dan makan.
Kegiatan berlanjut dengan pemberian materi oleh Pak Wahyuni Hidayat, Kepala Deputi Bank Indonesia Provinsi NTB, berkaitan tentang Bank Sentral dan motivasi kepada para Genbi 2017. “Yang bisa mengubah Indonesia ini adalah kita, bukan orang lain”, ujar Beliau menutup diskusi siang itu. Setelah pemberian materi, kegiatan selanjutnya kembali bermain game dan persiapan untuk perform malam harinya.
Setelah makan malam, para Genbi sudah siap untuk menampilkan kesenian yang akan dipentaskan. Berbagai performance art dari masing-masing kelompok ditampilkan secara bergantian. Ada yang menampilkan drama, tarian, vocal group, perkusi, dan seni bela diri. Sesekali diselingi dengan pemilihan King dan Queen Genbi NTB 2017. Setiap kelompok menyalonkan kandidat King dan Queen kemudian mereka akan menyampaikan visi dan misi jika terpilih menjadi King dan Queen Genbi NTB 2017. Menjelang tengah malam, para Genbi berkumpul di pinggir Pantai dengan membentuk formasi melingkar dan mengelilingi api unggun. Lagu-lagu Nasional dilantunkan dengan khidmat hingga waktunya istirahat.

Pagi harinya, para Genbi memulai hari dengan senam bersama yang dipimpin langsung Pak Iskandar, selaku ketua dari Brimob. Setelah senam dan sarapan, kegiatan selanjutnya yaitu penampilan para kandidat King dan Queen dalam menunjukkan bakat yang dimiliki. Akhirnya King dan Queen Genbi NTB 2017 jatuh kepada Maksum Roby sebagai King dan Devi Widyastuti sebagai Queen. “Saya sengat senang dan tidak menyangka. Visi misi saya yaitu untuk menjadikan Genbi ini lebih dikenal masyarakat sebagai komuitas penerima beasiswa, dengan memaksimalkan sosial media yang dimiliki Genbi itu sendiri”, ujar Maksum.
 Tidak hanya pemilihan King dan Queen, namun sejumlah penghargaan seperti kelompok teraktif, kelompok terheboh, dan kelompok terkompak juga tidak luput mengambil alih untuk membuat acara Bootcamp tersebut menjadi lebih seru. “Bootcamp ini membuat kita dapat memperkuat solidaritas antar anggota Genbi, melalui kegiatan ini, kita yang dulunya canggung kini tidak canggung lagi untuk saling sapa”, jelas Ardy Winata, selaku ketua Genbi Komisariat Universitas Mataram. Kegiatan Bootcamp tersebut ditutup dengan pembagian ID Card Genbi dan pemberian hadiah kepada King, Queen, dan kelompok yang terpilih menjadi kelompok teraktif, terheboh, dan terkompak. Goodluck, Genbi NTB 2017!



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Divisi Kewirausahaan GenBI NTB

GENBI KEWIRAUSAHAAN          Devisi kewirausahaan merupakan bagian dari slah satu devisi di GenBI yang beranggotaan 24 orang mahasiswa penerima beasiswa yang terbagi menjadi 12 orang dari komisariat UIN MA dan 12 orang dari komisariat UNRAM.           Di devisi kewirausahaan ini atau yang biasa di sebut team penjualan dari GenBI . Ada beberapa produk unggulan dalam penjualan dari devisi kewirausahaan diantaranya: es genbira, Sate jamur,   Bananagih,   Donat.           Selain itu bukan hanya sekedar melakukan kegiatan berwirausaha tetapi ada tujuan atau pencapaian yang dilakukanoleh devisi kewirausahaan di antaranya Yang dilakukan adalah untuk membuat devisi ini maju yang itu membuat kelompok" yang akan bertugas untuk melakukan penjualan sesuai dgn jadwal yg telah di tetapkan dan di masing" kelompok dibagi juga ada yng bertugas sebagai team produksi dan juga team penjualan. Sehingga tercipta peran aktif dari semua anggota devisi ini. Dan strategi pemasaran

GEMAR (GenBI Mengajar) dan GEMA (Gerakan Peduli Minat Baca) GenBI NTB Komisariat UIN Mataram

Generasi penerus bangsa merupakan Agent Of Change, Social Of Control dan Feature Leader. Di mana tiga komponen ini menjadi satu kesatuan yang harus ada dalam setiap generasi penerus bangsa. Tentunya di lain sisi mereka perlu ada yang mengayomi. GenBI NTB Komisariat UIN Mataram Divisi pendidikan mengambil andil untuk ikut berpartisipasi mencerdaskan anak bangsa dengan cara melakukan kegiatan GenBI Mengajar (GEMAR) dan Gerakan Peduli Minat Baca (GEMA). Kegiatan tersebut diadakan di Yayasan Nurul Iman Foundation, yang berlokasi di kawasan Terong Tawah Labuapi setiap hari Jum’at dan Sabtu pukul 16.00 wita hingga selesai. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian GenBI NTB terhadap pendidikan di Indonesia. GenBI NTB khususnya GenBI komisariat UIN Mataram ingin ikut andil memajukan pendidikan sebagai wadah untuk mencerdaskan anak bangsa. Menurut Devi salah satu anggota GenBI NTB Komisariat UIN Mataram menjelaskan bahwa kegiatan GenBI mengajar di bagi menjadi dua kelas, yakni k

Apa Itu GENBI ?

Dalam sejarah bermula dari obrolan santai saat berbuka puasa bersama , usai acara penandatanganan perjanjian kerjasama pemberian Beasiswa antara Bank Indonesia dengan Universitas Indonesia, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Institut Pertanian Bogor dan Universitas Negeri Jakarta pada 3 Agustus 2011, muncul wacana untuk membentuk wadah berhimpun (komunitas) untuk menjalin komunikasi dan interaksi, saling menginspirasi, memotivasi serta menjalin sinergi antar sesama mahasiswa penerima Beasiswa Bank Indonesia.  Pada saat itu muncullah  beberapa kesepakatan, diantaranya adalah; nama dan lambang untuk Komunitas Penerima Beasiswa Bank Indonesia adalah Generasi Baru Indonesia (GenBI) , membentuk tim perumus dan kelompok kerja yang bertugas untuk merencanakan pertemuan umum dan deklarasi yang akan dilaksanakan pada 11 November 2011 (11-11-11) serta menyusun rancangan Konstitusi Organisasi (Statuta, AD dan ART). Berbagai cara dilakukan oleh kelompok kerja untuk menjal